Lima Teknik Dasar Mengemudi


1. Latihan mengemudi dengan mempertahankan kestabilan kecepatan.
Ikuti arus lalu lintas. Usahakan agar saat melewati tanjakan atau turunan, kekuatan kaki menginjak gas selalu sama.
Tujuan latihan ini agar kecepatan kendaraan bisa selalu stabil. (Praktiknya lebih susah dari kedengarannya!)

2. Latihan Mengerem
Pertama, tentukan dulu titik sasaran berhenti. Tujuan latihan ini untuk mempertahankan tekanan kaki pada pedal gas hingga bisa menghentikan mobil pada titik berhenti yang ditargetkan. (Tidak boleh dibantu dengan nginjak rem, gas harus stabil).

3. Latihan Accel Work (=mengatur gas, mobil stasioner)
Injak pedal gas lalu hentikan tepat pada jumlah putaran yang ditargetkan sendiri sambil melihat Tachometer. Tapi, bukan di-adjust setelah overshoot (Baru disesuaikan setelah RPM terlanjur lewat dari target). Tujuannya, saat menginjak atau melepas pedal gas, sebisa mungkin pas dengan jumlah putaran sebelumnya.

4. Latihan Menggerakkan Setir (=Mobil Stasioner)
Dongkrak sedikit bagian depan, lakukan lock to lock (=Kondisi di mana ban bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan hingga maksimal). Gerakkan setir ke kanan, lalu ke kiri. Tujuannya, untuk selalu dapat mengukur sejauh mana kita telah menggerakkan setir dengan mengembalikan posisi ban ke arah netral.

5. Latihan Merasakan Posisi Ban
Tetapkan benda yang menjadi target (misalnya : batu kecil atau kaleng kosong, dsb). Lindas dengan ban yang kita tentukan sendiri, tapi…lakukan latihan ini dengan hati-hati sekali…kalau tidak… benda yang kita lindas tidak bisa kita prediksi akan terlempar ke arah mana, jangan sampai mengenai orang or benda/mobil/motor/jendela kaca orang lain.



TEKNIK MENIKUNG KE KANAN (KE KIRI BERLAKU SEBALIKNYA)
Sampai tikungan makin dekat, besaran gas jangan berubah. Pinggirkan mobil sampai mepet batas sebelah kiri, lalu mulai menginjak rem, tarik rem kurang lebih 1 cm, banting setir perlahan ke kanan, masukkan giginya jika tidak ada mobil dari arah berlawanan, lepas pedal remnya, kalo gravitasi samping sudah mereda, turunkan ke gigi 2, jangan buru2, selanjutnya langsung buka penuh gas, segera naikkan ke gigi 3, dst.
Di tikungan, rem jangan dilepas semua, tenaga saat nginjak rem harus tetap, belokan kemudi dengan luwes. Rasakan tenaga saat mobil akan belok, lepas pedal rem, gas perlahan. Jika jalan di depan kelihatan, gas penuh.

Sumber: Bluefame