Terinspirasi dari lampu F1 tersebut, dengan nyalanya yang
kedip2 sehingga bisa keliatan jelas oleh pengendara di belakang kita, sekarang
telah banyak beredar aksesoris lampu yang mirip dengan lampu f1. Jadinya kalau
agan mau beli, bilang aja lampu f1, pasti enciknya langsung tahu J
Karena tampilannya yang keren, ane juga tertarik buat masang
tuh lampu di avanza mertua ane.. Hasil nanya ke mbah kaskus, ane nemuin lapak
onlen di sini. lumayan harganya J
Karena lampu ini adalah aksesoris yang bukan oem, ditambah
lagi kayaknya dibikin oleh pabrikan yang kecil, so, di bungkusnya pun tidak ada
petunjuk rinci cara pemasangan lampu f1 itu..
Karena nanya ke mbah gugel juga kagak ada, akhirnya dengan
modal nekat ane bongkar2 sendiri.
Alhamdulilah, dengan segala daya dan upaya serta cucuran
keringat, ane berhasil masang tuh lampu J
karena ane lagi good mood, ane share ke agan-agan ni caranya,
lagian juga caranya mudah kok, agan-agan pasti langsung bisa...
Bahan-bahan
yang disiapkan:
1 unit lampu f1
kabel listrik 1 m (soalnya kabel standarnya pendek bgd gan)
Lembaran karet styrofoam (kayak karet sendal jepit, atau
sendal juga kagak apa-apa, tapi yang udah putus, biar gak dimarahin nyokap
:ngakak)
Perkakas
yang disiapkan:
Gunting
isolasi
lem korea harga lima ribuan beli di lampu merah
Teh botol (biar gak dehidrasi)
Kipas (biar gak panas)
Kunci (buat mbuka baut ban cadangan)
Cara
pasang lampu f1
Pertamax:
Bongkar
bongkahan lampu belakang, dengan membuka 2 baut seperti di gambar
setelah
baut dibuka, agan tinggal nglepas aja dengan cara sedikit ditarik ke kiri
(lampu yang ane buka lampu belakang kanan)
nanti penampakannya jadi kek gini gan
Keduax:
Lampu
f1 memiliki dua modus menyala, yang pertama led
akan menyala terus (kayak lampu biasa) dan yang kedua akan menyala berkedip.
Tanda perbedaan modus nyala itu dapat dilihat pada kode kabel
di lampu f1 itu.
Ada tiga kabel yang menjulur keluar dari lampu f1, dengan
kode sebagai berikut:
1. kode = . . . . . . = artinya adalah kabel (+) dengan modus
nyala kedip2
2. kode = - - - - - - = artinya adalah kabel (+) dengan modus
nyala biasa
3. kode = __ __ __ __ = artinya adalah kabel (-) atau ground
Agan tinggal pilih aja,
1. kalau mau pilih lampu f1 berkedip-kedip aja sewaktu direm,
kabel positif nomor 1, agan sambung ke kabel lampu rem (kabel hijau dengan
garis kuning) dan lampu negatif ke ground (kabel item)
2. kalau mau pilih lampu f1 jadi lampu malam dan
berkedip-kedip sewaktu direm, kabel positif nomor 1, agan sambung ke kabel
lampu rem (kabel hijau dengan garis kuning) dan positif nomor 2, agan sambung
ke kabel lampu malam (kabel hijau dengan garis putih/kalau gak salah) dan lampu
negatif ke ground (kabel item)
3. kalau mau pilih lampu f1 nyala biasa sewaktu direm, kabel positif
nomor 2 agan sambung ke kabel lampu malam (kabel hijau dengan garis putih/kalau
gak salah), dan lampu negatif ke ground (kabel item)
Kalo ane mah milih yang nomor satu aja, kan ane tertarik ni
lampu f1 karena kedip-kedipnya :D dan yang buat lampu malam gak ane aktifin,
biar lampu lednya tetep awet, kan jarang nyala J
Buat nyambungin kabelnya, agan gak usah motong kabel aslinya,
tinggal agan coak aja plastik kabelnya, biar mudah, dipanasin dulu make korek
api. Abis terkelupas, sambung dah kabelnya. Jangan lupa, abis disambung, agan
tutup dengan isolasi. Abis itu agan lapisin dengan lem korea, biar rapat dan
aman dari risiko konslet.
Kabel yang menjulur mengarah ke lampu f1 nya agan masukin
lewat lubang bagian bawah lampu asli di dalam bemper belakang. Lubang itu bolong
sampe ke bawah (bemper belakang bagian bawah tengah / posisi ideal buat pasang
lampu f1)
Ketigax
Lepas ban cadangan dengan mengendorkan baut di pinggir
belakang kabin belakang, kayak di gambar. Setelah dikendorin, agan tinggal
angkat sedikit ban cadangan dan lepaskan pengaitnya, otomatis ban cadangan akan
lepas.
Keempax
Sekarang
kabel yang menjulur dari atas, yang udah disambung ke kabel lampu asli, agan
sambung juga ke lampu f1, jangan lupa lagi harus di isolasi dan lapisi dengan
lem.
Kelimax
Sekarang
tahapan masang lampu f1 ke ujung bawah bemper belakang. Jangan lupa harus
persis di tengah biar cakep.
Awalnya
ane pasang langsung ke ujung bemper dengan mengaitkan braket lampu f1 dan ane
langsung kencengin bautnya. Ternyata, cara itu beresiko besar gan, soalnya,
bahan pembuat braketnya itu cuman lempengan alumunium yang tipis bgd, jadinya
gampang dilipat. Otomatis juga kalau cuman di kencengin make baut, braketnya
bakal gampang longgar dan bisa-bisa gampang jatuh.
Ada
sih cara sederhana biar lampu f1 terpasang kuat, yaitu dengan cara mengebor bemper,
tapi ane rasa agan-agan pasti gak setuju,, sayang ama bempernya...
Oleh
karena itu, sehabis ane puter otak ane yang pas pasan ini, ane ambil lembaran
karet yang mirip karet sendal jepit, ane potong seukuran braket lampu f1, abis
itu ane tempel make lem korea ke bagian dalam bemper. Abis itu, ane kasih lem
korea juga ke braket lampu f1, dan baru ane tempel ke atas lembara karet itu.
Tunggu sampai kering, baru bautnya dikencengin,, ane jamin bakal kuat dah..
Kenamx
Langkah
terakhir, tinggal rapiin kabel penghubungnya, jangan sampai menjulur keluar.
Agan kasih selotip besar aja dan tempel di bagian dalam bemper.
Nih
hasil kerja ane gan... lumayan jadi keren kalau rem diinjek,, tapi sayang
sewaktu ane nyetir, ane kagak bisa ngaliat L
Sori,
gambar agak aneh,, garasi berantakan, n pengaman bemper agak miring... tapi
yang penting ane dah sukses masang lampu f1 sendiri :hore
Agan
pasti juga bisa...
Btw,
dah mirip kayak yang ini kan gan?? :D
Sumber: http://coretandesainku.blogspot.com